Alasan mengapa kita harus berhenti mengeluh | Zikalau Alasan mengapa kita harus berhenti mengeluh - Zikalau

Zikalau

Kumpulan artikel yang Menginspirasi, Islami, juga Menghibur.

Alasan mengapa kita harus berhenti mengeluh

mengeluh

Assalamualaikum wr. wb.

Karena beberapa alasan saya sering mengeluh belakangan ini, meskipun terkadang saya selalu berusaha untuk pasrah pada kehendak Allah SWT akan tetapi keluhan itu terus saja datang seperti rumput yang kita bersihkan lalu tumbuh di bagian lainnya.


Tidak bisa dipungkiri kita sebagai manusia pasti tidak akan terlepas dari kata mengeluh. Mengeluh sejatinya perwujudan dari rasa tidak puas, tidak ikhlas menerima sebuah ketentuan yang terjadi, baik dari segi materi dan non materi. Ketika sakit berkeluh kesah, macet mengumpat, banjir atau kekeringan menyalahkan orang lain. Atau ketika ditimpa musibah menghardik Tuhan tidak adil, gaji kecil, belum punya rumah dan kendaraan pribadi acap menyalahkan suami (bagi para istri) atau anak-anak nakal dan bermasalah tidak jarang meyalahkan istri (bagi para suami).



Al-quran menjawab keluhan kita

Islam telah mengatur segalanya. Semua yang ada di kehidupan ini telah ada dalam Al-Quran. Sebagai seorang muslim yang baik, maka kita seharusnya tidaklah mengeluh dalam kondisi apapun apalagi berprasangka buruk kepada Allah SWT. berikut adalah beberapa keluhan kita dan jawabannya yang Allah siapkan melalui Al-quran.

Kenapa aku di uji?

Qs. Al-Ankabut : 2-3
“Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: ’Kami telah beriman’, sedang mereka tidak diuji lagi ? Dan sesungguhnya kami telah menguji orang-orang yang sebelum mereka, maka sesungguhnya Allah mengetahui orang-orang yang benar dan sesungguhnya Dia mengetahui orang-orang yang dusta.

Kenapa aku tidak mendapat apa yang aku inginkan ? 
Qs. Al-Baqarah : 216
"Boleh jadi kamu membenci sesuatu padahal ia amat baik bagimu dan boleh jadi pula kamu menyukai sesuatu padahal ia amat buruk bagimu, Allah mengetahui sedang kamu tidak mengetahui”

Kenapa ujian seberat ini?

Qs. Al-Baqarah : 286
“Allah tidak membebani seseorang itu melainkan sesuai dengan kesanggupannya.”

Kenapa selalu gagal?

Qs. Al-Imran : 139
“Janganlah kamu bersikap lemah, dan janganlah pula kamu bersedih hati, padahal kamulah orang-orang yg paling tinggi derajatnya, jika kamu orang-orang yang beriman”

Bagaimana aku harus menghadapinya?

Qs. Al-Baqarah : 45
“Dan mintalah pertolongan (kepada Allah) dengan jalan sabar dan mengerjakan sholat; dan sesungguhnya sholat itu amatlah berat kecuali kepada orang-orang yang khusyuk Tiada daya dan upaya kecuali atas pertolongan Allah semata”

Apa yang aku dapat?

Qs. At-Taubah : 111
“Sesungguhnya Allah telah membeli dari orang-orang mu’min, diri, harta mereka dengan memberikan jannah untuk mereka.”

Kepada siapa aku berharap?

Qs. At-Taubah : 129
“Cukuplah Allah bagiku, tidak ada Tuhan selain dari-Nya. Hanya kepada-Nya aku bertawakkal”

Aku tak sanggup !

Qs. Yusuf : 12
“Dan janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya tiada berputus asa dari rahmat Allah melainkan kaum yg kafir.”

Seperti itulah kiranya Jawaban Allah SWT yang memberi semangat kita disaat kita dilanda masalah, jadi untuk apa lagi kita mengeluh jika semua sudah ada yang mengatur.



Dampak buruk dari mengeluh

Berikut adalah dampak buruk jika kita sering mengeluh, semoga hal ini bisa membuat kita yang sering mengeluh berpikir kembali untuk menghentikan kebiasaan buruk tersebut

Mengeluh Memperpendek Usiamu

Seseorang yang terlalu sering mengeluh bahkan hanya karena hal sepele dan tidak akan merasa puas sebelum mengeluh atau curhat ternyata berdampak buruk bagi kesehatan. Orang yang gemar mengeluh biasanya berusia tiga kali lebih pendek dari orang yang bisa menikmati hidupnya atau 9-10 tahun lebih lama dibanding mereka yang jarang mengeluh.

Mengeluh Hanya Memperburuk Keadaan

Hanya mengeluh saja tanpa berbuat apa-apa tidak akan menyelesaikan masalahmu. Mengeluh justru akan membuatmu semakin frustasi. Mengeluh hanya akan menjadikanmu sebagai manusia sinis dan pesimis terhadap semua permasalahan dan pengalaman hidup. Penderitaan yang dirasakan akan menimbulkan stress dan depresi berkepanjangan.

Mengeluh Dapat Menambah Masalah Baru

Kemajuan teknologi terutama media sosial menjadi sarana atau tempat mengeluh paling mudah. Kamu bisa menulis apapun yang ada dipikiranmu tanpa memikirkan dampaknya terlebih dahulu. Menyebut nama seseorang yang membuatmu kesal atau menyertakan merk dan nama sebuah instansi dalam keluhan yang kamu tulis di status facebookmu. Kelihatannya sepele namun hal ini bisa memicu masalah besar. Kamu bisa terjerat kasus hukum apabila seseorang, merk atau instansi tidak terima dan menuntutmu dengan tuduhan pencemaran nama baik.

Mengeluh di media sosial juga akan membuat orang-orang di sekitarmu tahu keburukanmu dan kekuranganmu. Kamu juga akan terlihat kurang bersyukur dan seorang mudah putus asa. Hal ini dapat membuat orang lain meremehkanmu, menganggapmu lemah dan mungkin menjadi malas berteman denganmu. Bayangkan jika orang yang kamu taksir melihat kamu rajin mengeluh di status facebookmu.

Tentu sebagai manusia biasa kadangkala kita mengeluh. Namun terlalu sering mengeluh pun hanya akan memperburuk keadaan. Kenapa tidak mulai bersyukur? Bukankah lebih baik mencari cara untuk menyelesaikan masalah daripada hanya mengeluh? Semoga bermanfaat dan terima kasih sudah berkunujng





Sumber : Sekolah santaiFacebook, Komunitas anak pendiam










2 Komentar untuk "Alasan mengapa kita harus berhenti mengeluh"

Great to see that someone still understand how to create an awesome blog.
The blog is genuinely impressive in all aspects.
This a Good blog.
dewa poker

Great to see that someone still understand how to create an awesome blog.
The blog is genuinely impressive in all aspects.
I like this blog, good job.
mgmdomino