Amalan Utama dan Amalan Sederhana yang harus dilaksanakan di Bulan Ramadhan | Zikalau Amalan Utama dan Amalan Sederhana yang harus dilaksanakan di Bulan Ramadhan - Zikalau

Zikalau

Kumpulan artikel yang Menginspirasi, Islami, juga Menghibur.

Amalan Utama dan Amalan Sederhana yang harus dilaksanakan di Bulan Ramadhan

Marhaban Ya Ramadhan
Dok. Pribadi

Alhamdulillah, Hari ini adalah hari tiga di bulan sui Ramadhan, bagaimana puasanya? mudah-mudahan bisa di jalani dengan ikhlas dan di beri kekuatan hati dan pikiran agar menjalani ibadah puasa ini lebih sabar dan tawakal.

Seperti kita tahu bulan suci Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah, dan menurut beberapa situs islam jika kita beramal shalih satu kali saja akan di lipatgandakan seminimalnya menjadi 10 kali lipat, bahkan ada beberapa amal shalih dilipat gandakan sampai 700 lipat, bahkan sampai lipatan yang hanya diketahui besarnya oleh Allah Ta’ala.

Nah,, untuk itu zikalau kali ini akan menjelaskan amalan Utama yang harus di laksanakan di bulan suci Ramadhan ini, dan beberapa amalan sederhana yang tak kalah pentingnya yang bisa di laksanakan dimana saja dan kapan saja. Langsung simak saja ini dia..



Amalan Utama di bulan suci ramadhan.

1. Berpuasa, Ya.. tentu saja puasa adalah sesuatu yang wajib di laksanakan di Bulan suci Ramadhan ini, tanpa Berpuasa semua amalan yang anda lakukan di bulan ini tak ada artinya.

Catatan :
Akan tetapi akan sangat merugi lagi adalah ketika berpuasa tidak menunaikan shalat, jika anda berpuasa dan beramal shalih yang lain namun tidak menunaikan shalat 5 waktu, sungguh sangat merugi karena shalat itu juga wajib, dan semua amal yang di laksanakan akan nol (0) nilainya jika tanpa melaksanakan shalat.

2. Shalat Tarawih, Shalat tarawih juag merupakan amalan utama yang harus di lakukan di bulan suci ramadhan. Sholat tarawih atau yang lebihdi kenal dengan shalat malam, sering dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW , oleh karena itu kita sebagai umat muslim juga harus mengerjakan sholat malam sebagaimana yang Nabi Muhammad SAW kerjakan sepanjang hidupnya, ada juga yang sering orang bilang jika berpuasa tanpa tarawih bagaikan sayur tanpa garam, artinya meski shalat tarawih ini adalah sunnah namun fadilah dan ganjarannya sangat besar seperti yang akan di jelaskan di postingan ini "Keutamaan shalat sunah Tarawih di bulan Ramadhan"

3. Sedekah, Amalan selanjutnya adalah bersedekah. Bersedekah memang bisa dilakukan kapan saja, tetapi akan lebih baik jika di lakukan juga pada bulan suci ramadhan, karena bersedekah di bulan suci ramadhan Allah akan memberikan keistimewaan yang tiada tara. Allah akan melipat gandakan pahala yang di dapat dari sedekah. Tapi, usahakan sedekahlah dengan ikhlas dan diniatkan untuk mendapat ridho dan pahala dari Allah, bukan mengharapkan dapat pujian atau pun balasan dari orang yang di beri.

Baca juga"Manfaat sedekah bagi jiwa dan raga"

4. Membaca dan Tadabbur Al Qur’an, Membaca Al Qur’an merupakan amala yang ke empat di bulan Ramadhan. Bulan suci ramadhan juga dianggap sebagai bulannya Al Qur’an, karena Al Qur’an di turunkan oleh Allah pada bulan ini. Malaikat Jibril AS, mendatangai Nabi Muhammad SAW untuk bersama-sama mengulagi membaca Al Qur’an. Selain itu, para sahabat Nabi juga saling berlomba-lomba mengkhatamkan Al Qur’an.

Bagi yang belum lancar atau belum bisa membaca al-quran kamu juga bisa hanya mendengarkan orang yang membaca, karena pahalanya akan sama dengan orang yang membaca, akan tetapi kamu juga harus belajar membacanya. Karena membaca Al quran sangat penting karena Al quran adalah imam dan penunjuk segalanya.

5.I’tikaf, I’tikaf adalah berdiam diri di masjid dan melakukan seluruh amal sholeh seperti membaca Al Qur’an, berzikir, berdoa dan lain-lain. I’tikaf perlu dilakukan untuk mendapatkan pahala dan  ridho dari Allah. Nabi Muhammad SAW biasanya akan beri’tikaf sepuluh hari terakhir ramadhan agar mendapatkan  Lailatul Qadar.

6. Menghidupkan malam Lailatul Qadar, Lailatul Qadar merupakan malam yang paling baik dari pada seribu bulan. Jika kamu mengerjakan amal sholeh di malam Lailatul Qadar, kamu akan mendapatkan pahala yang tiada tandingnya. Bahkan pahala kamu melebihi dari pahala yang dilakukan seribu bulan di hari lainnya. Oleh karena itu, untuk menghidupkan Lailatul Qadar kamu bisa mendapatkannya pada saat sepuluh hari terakhir ramadhan. Yaitu tepatnya pada malam-malam ganjilnya. Namun, malam yang utamanya adalah pada saat puasa ke 27. Hal ini diketahui dari beberapa hadist yang mengatakan hal tersebut.

7. Umrah,
Bagi anda yang sudah mampuh untuk umrah, ada baiknya dilakukan di bulan suci ramadhan, karena pahalanya akan sama dengan ibadah haji yang merupakan kewajiban umat muslim yang sudah mampu. Kita berdo'a saja mudah-mudahan kita bisa melaksanakan umrah atau bahkan haji. Amin..



Amalan sederhana tetapi dengan pahala yang tidak kalah besarny.


Nah itu adalah beberapa amalan utama yang bisa anda lakukan. Untuk selanjutnya adalah  Amalan sederhana tetapi dengan pahala yang tidak kalah besarnya, langsung saja kita simak.

1. Perbanyak Tersenyum, Senyum akan menebarkan kesan positif, dan siapapun yang datang dengan tersenyum kepada kita maka dengan spontan kita juga akan tersenyum, dalam islam tersenyum itu adalah ibadah di bulan apapun kita tersenyum kepada seseorang untuk menebarkan kebaikan maka kita mendapat pahala, apalagi jika dilakukan juga di bulan ramadhan pahalanya akan berkali-lipat seperti yg saya paparkan di atas. Dalam bulan suci ini dengan senyuman kita juga dapat mempererat tali silaturahmi.

2. Rutin sedekah minimal 1000/hari, Seperti yang sudah di jelaskan di amalan utama di bulan suci Ramadhan, dan bersedekah adalah hal yang sangat dianjurkan dalam ISLAM, biasakan untuk bertanya kepada diri kita? “Sudahkah saya bersedekah hari ini??”. Secara nominal bisa berapa saja, mulailah untuk rutin. Sedekah adalah ibadah yang kontan langsung dibalas oleh Allah, baik secara material maupun berupa keselamatan. Karena itu di bulan suci biasakan bersedekah minimal 1000/hari.

3. Berikan takjil kepada yang berpuasa, Salah satu teknik sedekah adalah sedelah makanan, Berikan takjil atau makanan pembuka, bisa segelas es teh atau kurma, atau hanya segelas kolak kepada mereka yang berpuasa. Anda akan mendapat nilai kebaikan sama dengan nilai puasa orang itu. Artinya anda dalan 1hari, jika anda memberikan takjil kepada 5 orang, maka nilai puasa anda hari itu adalah 6x, karena anda sendiri dan 5 x dari orang yang anda beri takjil. Luar biasa bukan, hitung jika selama 30hari, berapa nilai kebaikan anda180 kali lipat. Hanya dengan 5 gelas es teh setiap harinya.

4. Mendengarkan ceramah minimal 10 menit per hari, Di Zaman yang semakin modern ini kita bisa mendengarkan ceramah di mana saja dan kapan saja hanya dengan smart phone anda, dalam ceramah yang islami biasanya ada bacaan Al qurannya nah,, seperti yang sudah di jelaskan di atas membaca Al quran atau mendengarkan yang membaca Al quran pahalanya akan sama. Apalagi di saat bulan ramadhan seperti ini, resapi dan masukkan nilai-nilai baru dalam tausyiah itu kedalam pikiran kita, bahkan bila perlu dicatat.

5. Mengakhirkan makan sahur, Termasuk dalam sunnah Rasulullah SAW pelaksanaan sahur adalah "mengakhirkan sahur". Hal ini berdasarkan hadits-hadits shahih yang diriwayatkan dari beliau SAW, sangat  berbeda dengan kebiasaan kebanyakan kaum muslimin yang mendahulukan waktu sahur jauh dari fajar shadiq. Hal ini secara pasti bertentangan  dengan amalan mulia yang dituntunkan Rasulullah SAW berdasarkan hadits-hadits yang shahih. Agar kita tidak terlalu akhir makan sahur kita bisa memastikannya dengan melihat waktu imsyak perhari dan per daerah.

6. Menyegerakan berbuka puasa, ketika adzan maghrib terdegar, langsung ambil air putih untuk membatalkan puasa kita. Karena menyegerakan berbuka termasuk sunnah yang bernilai lebih dalam bulan ramadhan. Apalagi jika kita berbuka dengan kurma seperti yang dilakukan oleh Rasulullah. Dengan 3 biji kurma ditambah air putih, maka energi kita menjadi pulih kembali. Kemudian bersiap untuk melakukan shalat maghrib terlebih dahulu.

Dan itulah beberapa diantaranya adalah  "Amalan Utama dan amalan sederhana tapi pahalanya berlipat di bulan Ramadhan" yang bisa zikalau sampaikan semoga apa yang zikalau terangkan tidak bertentangan dengan syariat islam, wallahua'alam.




This is the current newest page
1 Komentar untuk "Amalan Utama dan Amalan Sederhana yang harus dilaksanakan di Bulan Ramadhan"

Coba keberuntungan kamu bersama TikusPoker dengan win rate 82% dijamin player vs player.
Game yang tersedia Aduq,BandarQ,Capsa Susun, Domino, Bandar Sakong, Poker, Bandarpoker
Bonus turnover 0,5%, Bonus Referal 15% (Seumur Hidup)
Info lebih lanjut PIN BBM: D8D6FCFC
WA : +855-972-815-419 LINE : TIKUSPOKER