Peristiwa penting yang pernah terjadi di bulan Ramadhan | Zikalau Peristiwa penting yang pernah terjadi di bulan Ramadhan - Zikalau

Zikalau

Kumpulan artikel yang Menginspirasi, Islami, juga Menghibur.

Peristiwa penting yang pernah terjadi di bulan Ramadhan

Dikutip dari wikipedia.org Ramadan (bahasa Arab:رمضان; transliterasi: Ramadhan) adalah bulan kesembilan dalampenanggalan Hijriyah (sistem penanggalan agama Islam). Sepanjang bulan ini pemeluk agama Islam melakukan serangkaian aktivitas keagamaan termasuk di dalamnya berpuasasalat tarawih, peringatan turunnya Alquran, mencari malam Laylatul Qadar, memperbanyak membaca Alquran dan kemudian mengakhirinya dengan membayar zakat fitrah dan rangkaian perayaan Idul Fitri


Kita tahu bahwa bulan Ramadhan adalah bulan yang di rahmati oleh Allah, akan tetapi dibalik bulan yang rahmat ini ada peristiwa-peristiwa penting yang harus kita tahu, Berikut sebagian dari peristiwa-peristiwa itu:

Berikut ini adalah peristiwa penting  di bulan suci ramadhan pada zaman Nabi Muhammad SAW.


1. Hari turunnya ayat Alquran (Nuzulul Quran) , Ketika Rasululah SAW mendekati umur 40 tahun beliau selalu berpikir dan merenung serta berkeinginan kuat untuk mengasingkan diri (uzlah), akhirnya dengan mempersiapkan bekal makanan dan minuman beliau menuju goa Hiro yang terdapat pada gunung Rahmah sebagai tempat beruzlah yang berjarak dua mil dari kota Makkah. Uzlah ini dilakukan tiga tahun sebelum masa kerasulan selama satu bulan Ramadhan penuh. Tatkala datang Ramadhan pada tahun ketiga dari masa uzlah, bertepatan tanggal 10 Agustus 610 M dan usia beliau genap berumur 40 tahun Qomariyah lebih 6 bulan 21 hari turun kepada beliau Malaikat Jibril AS mewahyukan surat Al Alaq ayat 1 sampai 5 yang merupa-kan surat pertama yang diturunkan kepada Rasulullah SAW . Inilah yang disebut cikal-bakal turunnya Al Quran di bulan Ramadhan
Kekalahan telak kaum kafir Quraisy yang kaya dan sombong memberikan bukti bahwa Islam adalah agama yang benar. Maka banyaklah suku-suku Arab yang lain pun dengan sukacita dan sukarela memeluk Islam.

2. Perang Badar, 17 Ramadhan 2 AH – Adalah pertempuran pertama yang dilakukan kaum Muslim setelah mereka bermigrasi (hijrah) ke Madinah melawan kaum Quraisy dari Mekkah. Pertempuran berakhir dengan kemenangan pihak Muslim yang berkekuatan 313 orang melawan sekitar 1000 orang dari Mekkah.

3. Disyariatkannya Zakat fitrah, Pada Ramadhan tahun kedua Hijriyah zakat fitrah mulai disyariatkan, Zakat fitrah adalah zakat yang dikeluarkan khusus pada bulan Ramadan atau paling lambat sebelum selesainya salat Idul Fitri. Setiap individumuslim yang berkemampuan wajib membayar zakat jenis ini. Besarnya zakat fitrah yang harus dikeluarkan per individu adalah satu sha' makanan pokok di daerah bersangkutan. Jumlah ini bila dikonversikan kira-kira setara dengan 2,5 kilogram atau 3,5 liter beras. Penerima Zakat secara umum ditetapkan dalam 8 golongan (fakir, miskin, amil, muallaf, hamba sahaya, gharimin, fisabilillah, ibnu sabil) namun menurut beberapa ulama khusus untuk zakat fitrah mesti didahulukan kepada dua golongan pertama yakni fakir dan miskin. Pendapat ini disandarkan dengan alasan bahwa jumlah zakat yang sangat kecil sementara salah satu tujuannya dikeluarkannya zakat fitrah adalah agar para fakir dan miskin dapat ikut merayakan hari raya.

4. Ditaklukannya kota suci Makkah, Pada 21 Hijriyah Ramadhan tahun kedelapan Hijriyah, Pada mulanya Rasulullah bersama-sama para sahabat meninggalkan Madinah menuju Makkah pada 10 Ramadhan dalam keadaan berpuasa. Ketika  sampai di al-Kadid, Rasullah berbuka karena bermusafir, kemudian pada 21 Ramadhan barulah Rasulullah memasuki kota Makkah. Merupakan kemenangan yang paling bernilai penting bagi Ummat Muslim, sebab dengan tercapainya kemenangan ini berhala-berhala dan mereka yang menyembah berhala telah dikeluarkan dari Baitullah (Ka’bah) dan sekaligus telah tegaknya agama Allah. Penghargaan dan kehormatan baru telah dianugerahkan kepada Rasulullah (SAW) beserta para pengikut beliau.

5. Terjadinya perang TabukTercatat sebanyak 6 kali Rasulullah melakukan peperangan melawan kaum kafir Quraishy, salah satunya adalah perang Tabuk yang juga terjadi pada bulan Ramadhan tahun ke-9 Hijriyah.


Berikut ini adalah peristiwa penting di bulan suci ramadhan setelah pada zaman KeKhalifahan dan setelahnya.


1. Pembunuhan atas Ali bin Abi Thalib21 Ramadan 40 H: Khulafaur Rasyidin keempat dan terakhir, dibunuh oleh seorang Khawarij yang bernama Abdurrahman bin Muljam. Ia meninggal pada tanggal 23 Ramadan tahun itu juga. Kematiannya menandai berakhirnya sistem kekhalifahan Islam, dan kemudian dimulai dengan sistem dinasti.

2. Pembebasan pulau Rhodes dari Romawi, Pada bulan suci Ramadhan tahun 53 H pasukan laut Islam dibawah komando panglima Junadah bin Abi Umayyah Al-Uzdi berhasil membebaskan pulau Rhodes dari tangan Imperium Romawi Timur [Imperium Byzantium]. Khalifah Mu’awiyah bin Abi Sufyan radhiyallahu ‘anhuma memindahkan sejumlah umat Islam dari negeri Syam ke pulau tersebut sebagai pasukan penjaga pulau tersebut.

3. Mendaratnya islam di Selatan Andalus, Pada Ramadhan tahun Ke-91 Hijriyah pejuang Islam pertama mendarat di Selatan Andalus.

4. Menaklukkan Andalusia, Pada 28 Ramadhan 92 H bertepatan dengan 18 Juli 711 M, bertemulah dua pasukan yang tidak berimbang ini di Medina Sidonia. Perang yang dahsyat pun berkecamuk selama delapan hari. Kaum muslimin dengan jumlahnya yang kecil tetap bertahan kokoh menghadapi hantaman orang-orang Visigoth pimpinan Roderick. Keimanan dan janji kemenangan atau syahid di jalan Allah telah memantapkan kaki-kaki mereka dan menyirnakan rasa takut dari dada-dada mereka. Di hari kedelapan, Allah pun memenangkan umat Islam atas bangsa Visigoth dan berakhirlah kekuasaan Roderick di tanah Andalusia.


5. Pelantikan Khalifah 
Al-Abbasiyyah yang pertama, Pada Ramadhan tahun Ke-129 Hijriyah mula muncul di Khurasan pendukung pengasas Kerajaan Bani Abbas dilantik sebagai Khalifah Al-Abbasiyyah yang pertama.

6. Berakhirnya pemerintahan Bani Umaiyyah, Pada bulan Ramadhan tahun Ke-132 Hijriyah berakhirnya pemerintahan Bani Umaiyyah dan pada masa yang sama Abu Al-Abbas dilantik sebagai Khalifah Al-Abbasiyyah yang pertama.

7. Selesainya pembentukan Al-Jami'ah Al-azhar, Pada bulan Ramadhan tahun Ke-361 Hijriyah Al-Jami’ah Al-Azhar selesai dibina untuk kegunaan tempat mengajarkan ilmu-ilmu Arab dan syara.

8. Masuknya islam di benua Biru, Pada hari Jumat 25 Ramadhan tahun Ke-479 Hijriyah, masuknya Islam di benua biru dalam perang “Zulaaqoh” di Andalus (sekarang Portugal dan Spanyol) dipimpin oleh panglima Perang Yusuf bin Yasyfin melawan tentara Perancis dibawah kepimpinan Alfonso 6.

9. Salahuddin Al-Ayyubi dapat mengalahkan kaum SalibPada Ramadhan tahun Ke-584 Hijriyah Salahuddin Al-Ayyubi dapat mengalahkan kaum Salib dan membebaskan semula sebahagian besar negeri yang pernah dikuasai oleh pihak kaum Salib (Kristian).

10. Kerajaan Malik mengalahkan Pasukan Mongol, Pada 15 Ramadhan tahun Ke-658 Hijriyah atau 3 September 1260 M, kerajaan Mamalik dapat mengalahkan dan membendung kemarahan pasukan Mongol atau tentara Tartar di ‘Ain Jalud yang akan memasuki Mesir dengan maksud menguasai seluruh negeri Islam melalui Mesir.

11. Merebut kembali tanah Palestina dari pasukan salib, Pada Ramadhan Tahun Ke-1393 Hijriyah atau 1973 M, kemenangan muslim atas pasukan Salib dengan merebut kembali tanah Palestina yang sebelumnya direbut oleh Zionis Yahudi.

Semoga "Peristiwa penting yang pernah terjadi di bulan Ramadhan" diatas dapat semakin mengukuhkan kita untuk mengakui akan kemuliaan bulan suci Ramadhan. Karena Bulan Ramadhan adalah bulan yang begitu istimewa, selain karena berkah, rahmat dan ampunan Allah begitu deras mengalir untuk para hambanya. 











4 Komentar untuk "Peristiwa penting yang pernah terjadi di bulan Ramadhan"

keren gan artikelnya,,saya jadi tau peristiwa penting di bulan ramadhan..

nitip ali-duniablog.blogspot.com

Okay gan.. tengkiw kunjungannya... :D

This comment has been removed by the author. - Hapus