Alasan kenapa kita sering melamun dan apa manfaat serta bahaya dari melamun | Zikalau Alasan kenapa kita sering melamun dan apa manfaat serta bahaya dari melamun - Zikalau

Zikalau

Kumpulan artikel yang Menginspirasi, Islami, juga Menghibur.

Alasan kenapa kita sering melamun dan apa manfaat serta bahaya dari melamun

Belakangan ini gwa sering melamun,  apa lagi kalo toko lagi sepi internet mati, beuuhh.. lengkap sudah mameen, tapi paling kesel kalo gwa lagi enak-enaknya melamun ketauan sama temen gwa udah lah "DUAAARR.." ato "DOOR.." ato "WHEIII" ato "hei" (biasa) sama aja gwa kaget. sampe akhirnya gwe googling tentang melamun itu eh ketemu sama beberapa website dan blog yg menjelaskan tentang melamun

Perlu kita tahu, 

Dikutip dari wikipedia.org Melamun itu adalah kondisi sesaat terputusnya pikiran seseorang dengan lingkungan sekitarnya, dimana kontak seseorang menjadi kabur dan sebagian digantikan oleh kayalan visual, khususnya tentang hal-hal yang menyenangkan, harapan atau ambisi, dan dialami dalam kondisi terjaga.
Menurut psikolog, sepertiga dari satu setengah pikiran manusia adalah bagian dari lamunan, dan orang rata-rata melamun sekitar tiap sembilan puluh menit. Namun, lamunan tersebut tidak bertahan lebih dari beberapa menit.
Itu dia penjelasan tentang melamun dari berbagai sumber, percaya gak percaya memang itulah kenyataannya. lalu apa alasannya kenapa kita melamun..

Alasan kenapa kita melamun 

Ini dia beberapa diantaranya bisa jadi alasan kenapa kita melamun versi zikalau.
1. Sedang Bahagia, misalkan loe baru aja ketemu sama cewe idaman loe, biasanya kalo malam susah tidur siangnya kepikiran terus.
2. Loe lagi galau, memikirkan sesuatu yg sudah terjadi dan menyesalinya mungkin bisa membuat loe melamun untuk memikirkan andai saja gwa bisa kembali ke masa itu agar sesuatu yg menjadi penyesalan tidak terjadi.
3. Marah yang takterungkapkan, biasanya ini terjadi pada orang-orang kayak gwa, misalkan loe di ejek sama temen loe tapi loe gak ngelawan dengan alasan loe belajar sabar tapi tetep dalam keadaan marah, biasanya setelah loe pergi dan menyendiri loe pasti teringat sama ejekan temen loe itu dan loe mulai melampiaskannya dengan berandai-andai, misalkan andai gwe punya kekuatan kayak naruto gwa udah berubah dari tadi jadi kiyubee gwa bantai tu monyong-monyong sialan itu.
4. Sedang sedih, misalkan loe baru aja di tinggalin sama orang yang amat loe sayangi, biasanya loe mulai melamun memikirkan sesuatu yang petnah dilalui bersama.
5. Loe Seorang blogger, Kalo memurut gwa menjadi seorang blogger membuat kegiatan melamun itu memjadi kegiatan yang di haruskan selalu dilakukan kapanpun dan dimanapun, bahkan gwa pernah gak sengaja melamun saat kerja karena terpikir sesuatu yang bisa gwa post di blog gwa ini.
6. Dan mungkin masih banyak lagi.

Penyebab kita sering melamun 

Lalu apa penyebabnya kenapa kita "sering" melamun,
Kalo menurut gwa penyebab kita "sering" melamun itu mungkin, loe adalah seorang blogger yang sedang galau, sedih dan mempunyai amarah yang terpendam hahaha... :v udah itu aja sisanya loe pikirin sendiri.. :v

Info tentang melamun 

Sering Keasyikan Melamun, Pertanda Otak Cerdas.
Dikutip dari republika.co.id Orang yang banyak melamun diduga memiliki otak yang lebih tajam, lebih cerdas. Dari hasil penelitian, orang-orang melamun, tapi kerjanya tak terganggu, justru malah akan menyimpan memori tersendiri dalam otaknya. Hal ini malah akan memberikan kemampuan untuk melakukan dua hal pada saat yang bersamaan.
Terlalu Asyik Melamun, Awas Gejala MD!
Dikutip dari kompas.com MD adalah kondisi melamun berlebihan hingga menggantikan interaksi dengan manusia di sekitarnya. Walaupun belum diakui secara medis, konsep ini diperkenalkan Eli Somer Ph.D pada 2002. Somer percaya, trauma atau pengalaman menyakitkan lainnya adalah pemicu MD.
Pada penelitiannya, Somer menemukan responden menggunakan lamunan sebagai metode untuk menghindar dari situasi yang sulit.
Biasanya, kondisi sekitar responden tidak menyenangkan, sehingga responden mencari 'jalan keluar.' Penelitian lanjutan diperlukan untuk memastikan teori ini. Beberapa orang dengan MD mengakui, kondisi mereka menyebabkan mereka tidak produktif. Waktu berlalu ketika mereka membangun mimpinya, dan sebelum sadar waktu seharian telah habis.
Manfaat melamun.
1. Melamun membuat kita sering introspeksi diri.
2. Melamun memberikan semangat.
3. Melamun memberikan ide.
4. Membuat Daya Ingat Tajam
5. Menjadi Pribadi Kreatif
Bahaya Karena Sering Sekali Melamun.
1. Membuat Kita Malas,
2. Kehilangan konsentrasi Orang kalau sedang melamun,
3.Tidak Bertindak Tapi Kebanyakan Melamun,
4. Pikiran Kosong Hati-hati nih,
5. Bisa bikin stress,
6. Pikiran Jadi Picik
7. Pikiran Jadi Kolot
Bagi saya kita sebagai umat beragama harus sering mendekatkan diri pada Tuhan yang maha esa yakni Allah SWT, agar kita dijauhkan dari hal-hal yang berkaitan dengan bahaya dari melamun, cukuplah kita untuk melamuni kesalahan kita dan mulai memperbaikinya bukan kembali melamuni dan berbelit-belit dalam pemikiran yang hanya membuat kita tetap disitu dan takpernah merubah apapun.



6 Komentar untuk "Alasan kenapa kita sering melamun dan apa manfaat serta bahaya dari melamun"

Ok bro tangkiw kunjungannya..

Mantap, ane sering ngelaum semoga ane dan ente makin kreatif gan :v

Bener banget gan.. amiinn.. hehe.. kita saling mendoakan saja..

Biar ga ngelamun bawa happy ajja jalan" di google :v