Penyebab lupa dan cara mengatasinya | Zikalau Penyebab lupa dan cara mengatasinya - Zikalau

Zikalau

Kumpulan artikel yang Menginspirasi, Islami, juga Menghibur.

Penyebab lupa dan cara mengatasinya

Penyebab lupa dan cara mengatasinya


Lupa adalah suatu kondisi dimana suatu informasi yang telah disimpan dalam memori otak jangka panjang hilang (Long term Memory).

Belakangan ini entah kenapa saya sering lupa bagian terpenting yg baru saja saya lakukan meski hanya dalam jangka waktu kurang dari 10 - 5 menit, terutama ketika kondisi badan saya sudah mulai lelah, pikiran mulai kemana-mana dan rasa cemas yang berlebihan.
Sampai pada saat saya akan membicarakan sesuatu pada teman saya dan aneh tiba-tiba saja saya lupa dengan apa yg akan saya ucapkan, dan akhirnya karena kejadian itu saya terpikir untuk mencari penyebab apa yg membuat saya mudah lupa dan akhirnya saya sampai pada beberapa blog dan web site  yg menjelaskan tentang penyebab lupa menurut medis, dan inilah penyebab kenapa kita sering lupa.

1. Kurang Tidur

Karena penyakit lupa berhubungan dengan otak atau memang otaklah yg membuat kita lupa, maka kurang tidur adalah penyebab lupa yg mungkin memang nyata karena otak juga membutuhkan istirahat, tanpa istirahat apapun yg bekerja pasti mengalami penurunan atau kerusakan seperti halnya otak.

Saran Baca juga Fakta tentang tidur

Contohnya saja, ketika besoknya ada ujian atau semacam ulangan. Maka malamnya anda bekerja keras hingga sampai larut malam untuk menghapalkan sesuatu yg akan di ujiankan atau istilahnya kebut satu malam. Hal ini sebaiknya janganlah sering dilakukan. Kenapa? karena jika malamnya anda begadang, maka besoknya sudah pastidengan otomatis mata anda mengatuk dan pikiran selalu ingin tidur. Nah, dari sanalah ketidak fokusanpun muncul dan terjadilah penyakit lupa.
2. Konsumsi narkoba
Seseorang yang memiliki kebiasaan mengonsumsi narkoba akan mengalami kesulitan utuk mengingat apa saja yang terjadi hari ini. Penggunaan narkoba menyebabkan gangguan memori dan berpikir, gangguan koordinasi serta kurangnya konsentrasi.





3. Cedera di kepala
Sebuah cedera kepala seringkali memicu trauma di otak yang berkelanjutan hal inilah yang menyebabkan hilangnya memori dan lupa.









4.  Depresi
Kondisi depresi bisa menyebabkan hilangnya minat dalam segala hal sehinggatak heran jika orang yang depresi seringkali tidak mampu mengingat sesuatu atau lupa. Hal karena ia terganggu oleh pikirannya sendiri akibat perasaan dan kecemasan yang berlebihan.






5. Jenis kelamin
Otak laki-laki dan perempuan berbeda yang ditunjukkan melalui pencitraan otak (brain imaging). Otak perempuan sangat aktif dan selalu berpikir, sedangkan otak laki-laki cenderung lebih tenang. Hal ini membuat laki-laki cenderung pelupa dibandingkan perempuan dan laki-laki membutuhkan stimulasi atau rangsangan pada otaknya.






Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghindari lupa parah dan mungkin mengobatinya:

1. Konsumsi vitamin memori
Sumber makanan mengandung asam lemak esensial seperti ikan dan kacang sangat penting untuk komunikasi yang efisien dengan otak. Ginkgo biloba juga dikenal sebagai penguat memori superior yang meningkatkan sirkulasi darah ke otak.





2. Membaca buku
Mungkin terdengarnya agak klasik, tapi para peneliti dari Mayo Clinic menunjukkan bahwa membaca bisa menurunkan risiko kehilangan memori hingga 30-50 persen. Jadi jangan lupa membaca buku dimanapun Anda berada. Bacaan seperti buku-buku ilmu pengetahuan dan novel adalah bacaan yang paling bisa membantu meningkatkan kemampuan otak. (Vera Farah Bararah – detikHealth) oh ia baca blog zikalau.blogspot.com juga biaa kok.. hehe..



3. Latihan otak.

Yang dimaksud dengan latihan otak adalah memberikan stimulasi kognitif, seperti berdiskusi tentang topik aktual, mengisi teka-teki, main catur, mendengarkan musik nostalgia dan berkesenian, dapat membantu mempertahankan kemampuan kognitif. Latihan tersebut mendorong berkembangnya dendrit dan meningkatnya plastisitas sistem syarat pusat. (Untuk istilah-istilahnya silahlan cari saja di google dan Wikipedia)




4. Olahraga.
Para ahli berpendapat bahwa olahraga yang teratur ternyata dapat memperbaiki aspek-aspek fungsi kognitif sebesar 20 - 30%. Oleh karena itu, olahraga sangat disarankan karena dapat menahan laju kepikunan. Dalam suatu studi, orang tua yang berusia 40 - 60 tahun dan mau melakukan olahraga secara teratur memiliki resiko kepikunan yang lebih rendah dibanding mereka yang tak berolahraga. Olahraga diketahui meningkatkan aliran darah otak dan produksi faktor-faktor pertumbuhan untuk syaraf.

5. Perpanjang Sujud dan memperbanyak  Puasa.
Dalam keadaan sujud, di mana posisi jantung lebih tinggi dari kepala membuat aliran darah mudah menuju ke kepala. Darah yang berisi oksigen itu memang sangat dibutuhkan oleh otak guna mengoptimalkan fungsinya. Karena itu, memperpanjang sujud, khususnya pada salat tahajud, akan memberikan kesempatan kepada otak memenuhi kebutuhan oksigen secara maksimal.

Saran baca juga Manfaat gerakan shalat

Selain itu, sujud dalam kedaan semua anggota tubuh beristirahat sangat membantu memperbaiki kestabilam memori.
Sedangkan puasa berfungsi menekan otak untuk melakukan pengimbangan memori. Hal ini dapat dilihat ketika seseorang berpuasa, otak akan banyak mengeluarkan omega 3 yang sangat dibutuhkan oleh sel-sel saraf. Puasa juga dapat menurunkan level lipid peroksidase, yaitu suatu enzim yang dapat menghasilkan radikal-radikal bebas dan meningkatkan level dehidroepiandrosteron, yaitu suatu hormon yang penting untuk optimalisasi fungsi otak. Tidak mengherankan jika Rasullulah berkata bahwa puasa itu menyehatkan.

Nah gan itulah yg saya dapatkan dari apa yg saya cari yaitu  "Penyebab sering lupa dan cara mengatasinya" semoga bermanfaat, kita sama-sama berdo'a sesungguhnya segala sesuatu datang dari Allah dan hanya Allah lah yg bisa mencabutnya kembali.



4 Komentar untuk "Penyebab lupa dan cara mengatasinya"

ane banget gan :3 nice info ya gan (y)

hehe... sama klo gitu.. tangkiw kunjungannya gan...

wah cocok buat saya yang pelupa,,info yang menarik

hehe.. ia gan karena itulah ane buat post ini hehe.. tangkiw kunjungannya.