Alasan kenapa manusia mempunyai rasa takut, bagaimana cara mengatasinya | Zikalau Alasan kenapa manusia mempunyai rasa takut, bagaimana cara mengatasinya - Zikalau

Zikalau

Kumpulan artikel yang Menginspirasi, Islami, juga Menghibur.

Alasan kenapa manusia mempunyai rasa takut, bagaimana cara mengatasinya


Setiap orang pasti memiliki rasa takut terhadap sesuatu apapun itu, contohnya saja kita melihat bahwa seseorang yang gagah perkasa bisa jadi dia sangat takut sama cicak yang sering kita bunuh, tapi tahukah anda alasan apa yang membuat kita mempunyai rasa takut? Dan apakah kita bisa melawan rasa takut itu? mari kita simak.

Perlu kita tahu 

Dikutip dari Manfaat pengetahuan  Takut adalah suatu perasaan emosional tentang sesuatu yang belum tentu terjadi di masa depan. Rasa takut timbul karena adanya dugaan atau prasangka dibuat-buat sendiri di dalam pikirannya. Rasa takut biasanya merupakan suatu perasaan yang tidak logis karena dirinya sendiri tidak mampu atau merasa tidak sanggup menghadapi kemungkinan buruk yang akan diterimanya.

Lalu apa alasannya kenapa kita merasa takut?  

1. Tidak adanya rasa percaya diri.
Rasa percaya diri memang sangat penting untuk kita, Karena dengan adanya rasa percaya diri kita bisa melakukan apapun tanpa ada perasaan ragu. Lalu apa yang terjadi jika kepercayaan diri itu tidak ada?
Ada sebuah contoh yg bisa membuktikan apa yg akan terjadi jika seseorang kehilangan kepercayaan diri.
Jika seseorang akan melakukan sesuatu yg diinginkan dan diharapkan akan tetapi seseorang itu tidak percaya diri sehingga takut untuk gagal meski hanya mencoba.

2. Terlalu melebih-lebihkan perasangka negatif.
Hampir sama semgan poin pertama,  Terlalu melebih-lebihkan perasangka negatif juga bisa membuat diri kita merasa takut. contohnya, kita sedang menonton film horror malam hari lalu setelah selesai menonton tiba-tiba, "Bruuukk" suara seperti ada yang jatuh yg sebenarnya adalah tikus menjatuhkan sesuatu, akan tetapi jika kita terlalu melebih-lebihkan dan menghubungkan hal itu dengan hal mistis maka kita akan merasakan ketakutan yg luar biasa.

3. Menghubungkan sesuatu yg mungkin akan terjadi dengan hal negatif yang sudah terjadi.
Poin ke tiga ini memang agak berbeda dengan poin-poin sebelumnya,  dan bisa menjadi salah satu penyebab rasa takut pada diri kita, sebagai contoh, misalkan kita pernah melihat seseorang yang bunuh diri setelah makan kelapa dan membuat kita menjadi takut jika melihat kelapa, apalagi untuk memakannya.

4. Terlalu mencintai sesuatu sehingga takut jika akan kehilangan.
Mencintai sesesuatu atau seseorang memang wajar, akan tetapi jika kita "terlalu" mencintai seseorang atau sesuatu maka dampak negatifnya adalah selalu ada rasa cemas dan takut jika seseorang atau sesuatu yg mulai jauh dengan kita akan pergi meninggalkan kita, padahal kenyataannya sesuatu yang diciptakan pasti akan pergi meninggalkan kita.

5. Mempunyai kelainan psikologis seperti fobia.
Dikutip dari wikipedia.org Fobia (gangguan anxietas fobik) adalah rasa ketakutan yang berlebihan pada sesuatu hal atau fenomena. Fobia bisa dikatakan dapat menghambat kehidupan orang yang mengidapnya. Bagi sebagian orang, perasaan takut seorang pengidap fobia sulit dimengerti.

Kemudian bagaimana cara mengatasinya?  

Perasaan takut itu memang mengganggu, terkadang kita ingin melawannya tapi tetep aja takut, lalu mulai berpikir "gimana ya cara ngilangin rasa takut itu? apa kita bisa melawan rasa takut itu?" Kita simak aja yg satu ini.

Berdasarkan poin-poin alasan mengapa manusia mempunyai rasa takut yang saya paparkan di atas, maka saya mulai menemukan beberapa kesimpulan dari setiap poin itu apa yg bisa kita lakukan agar kita bisa melawan perasaan takut itu sendiri.

1. Mulailah menumbuhkan rasa percaya diri.
Jika perasaan takut itu karena tidak adanya rasa percaya diri maka, kita mulai belajar untuk percaya diri dari apa yg akan dan harus kita hadapi.

2. Berpikir positif pada segala sesuatu yang terjadi.
Dikutip dari kompas.com salah satu manfaat berpikir positif adalah "Menjadi pemberani" Ketakutan berasal dari pikiran negatif. Menjadi pemikir positif menghilangkan rasa takut. Keberanian berasal dari kenyataan bahwa Anda tetap positif Anda akan tahu bahwa apapun yang terjadi dalam hidup Anda, Anda dapat menghadapinya.

Adapun manfaat lain yg masih berhubungan dengan poin pertama yaitu "Percaya diri" Dengan berpikir positif, maka Anda lebih percaya diri dan tidak untuk menciba menjadi orang lain. Jika Anda tidak percaya diri Anda tidak akan pernah mendaptkan kehidupan yang lebih baik. (Kompas.com)

Karena itulah kita harus berpikir lebih positif dalam menghadapi apapun di kehidupan ini.

3. Berpikir positif bahwa sesuatu yg sudah terjadi belum tentu akan terjadi lagi.
Untuk menjawab kemungkinan yg terjadi jika perasaan takut itu muncul karena poin ke 3 di "penyebab takut" maka poin ke 2 di "cara agar kita bisa melawan rasa takut" sudah bisa menjawabnya.

4. Belajar Ikhlas dari hal lecil
Jika perasaan takut mucul karena sesuatu yg kita cintai dan perasaan takut kehilangan seperti di poin ke 4 di atas, maka mulailah belajar ikhlas, dengan ikhlas kita akan menyerahkan segala sesuatu kepada Allah, karena sesuatu yg kita dapatkan tidak lain dan tidak bukan itu berasal dari Allah.

5. Lebih banyak berdo'a dan mohon Ampun kepada Allah.
Untuk menjawab pernyataan poin 5 di "penyebab rasa takut" memang cukup sulit dan mungkin saya tidak bisa menjelaskannya disini anda cari saja di google sudah banyak, tapi yang pasti Berdo'a adalah seauatu yang sangat di haruskan apalagi kita yg muslim, karena do'a adalah senjata bukan begitu..?

Dan demikianlah penjelasan mengenai "Alasan kenapa manusia mempunyai rasa takut, bagaimana cara mengatasinya" semoga dengan segala sesuatu yang kita pernah dapatkan selalu ada hikmahnya.

Seperti di jelaskan oleh salah satu fiman Allah tentang takut dalam Al-Quran Surah Al- Imran ayat 175 "Karena itu janganlah kamu takut kepada mereka, tetapi takutlah kepada-Ku, jika kamu benar-benar orang yang beriman”. (QS Al Imran 3] :175)



10 Komentar untuk "Alasan kenapa manusia mempunyai rasa takut, bagaimana cara mengatasinya"

wah alasan takut ternyata banyak ya... nice post. kunbal ya gan http://kopunet.blogspot.com

wah alasan takut ternyata banyak ya... nice post. kunbal ya gan http://kopunet.blogspot.com

Bener gan, itu versi saya,, hehe

tengkiw kunjungannya..

rasa takut sendirian di dlm hutan membuat saya belajar mengatasinya ... nice artikel gan

wah.. kalo ane takut banget gan kalo di hutan harus sendirian.. hehe..

tangkiw kunjungannya..

nice artikel gan ,, semoga bermanfaat

ok gan tangkiw kunjungannya..

waah baru tau saya,, tapi walau pun udah tau ane tetap phobia sama yang namanya ular :(

hahaha.. kalo itu si... ane juga sama.. takut.. padahal harusnya kita kasian sama ular soalnya jalannya pakek perut.. :D

Ikhlas itu baik untuk kehidupan ini. Dengan demikian potensi untuk mengalami ketakutan kedepannya akan lebih berkurang presentasinya.
Salam.....